Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Alat Kelistrikan Panel Booster Pump Alternate

Panel dan Pompa Grundfos
Mengenal Alat Kelistrikan Seperti Booster Pump Alternate


Panel Booster Pump, Inverter dan juga Water Control sebetulnya bukan benda asing, bahkan bisa tidak sedikit orang yang mampu merakitnya sendiri. Namun jelas butuh waktu dan pengetahuan yang luas untuk membuatnya. Kini saatnya kita mengenali lebih jauh lagi apa arti, dan fungsi dari ketiga alat tersebut.

Ketiga benda tersebut adalah bagian dari kelistrikan yang memiliki perbedaan dari mulai cara kerja dan fungsinya. Ketiganya hadir sebagai bagian dari teknologi kelistrikan yang juga berkembang cukup pesat dan sangat dibutuhkan oleh banyak pihak.

Panel Booster Pump


Alat Kelistrikan yang pertama adalah Panel Booster Pump atau Booster Pump Controller merupakan panel kontrol yang didesain khusus bersama dengan pompa booster. Fungsinya untuk melakukan sistem suplai air bertekanan. Sistem pengoperasiannya biasanya sudah bersifat otomatis, di mana pompa bisa mulai bekerja ketika pressure berada di batas titik tertentu. Dan ketika pressure sudah tercapai maka pompa akan berhenti dengan sendirinya.


Panel kontrol yang biasa dipakai, ada yang menggunakan kontrol panel konvensional dan juga kontrol panel inverter. Pada kontrol panel konvensional, pompa akan bekerja berdasarkan Rpm atau Speed. Sementara pada kontrol panel inverter pengoperasiannya akan dikendalikan oleh Equipment inverter yang bekerja sesuai dengan besar atau kecilnya penggunaan air, kemudian speednya baru akan mengikuti. Biasanya pada panel ini akan lebih halus saat on-offnya bila dibandingnya dengan panel konvensional.

Pengoperasian alat kelistrikan yang satu ini terdiri atas beberapa sistem, yaitu Single Operation, Single/Alternate Operation dan juga Parallel/Alternate Operation yang kesemuanya menentukan jumlah pompa yang digunakan.


Panel Bosster Pump


Inverter Penggerak Motor


Power inverter atau lebih sering disebut inverter adalah alat kelistrikan selanjutnya yang merupakan konversi dari arus listrik searah atau DC (Direct Current) menjadi arus bolak balik atau AC (Alternating Current). Inverter adalah kebalikan dari converter atau biasa disebut adaptor yang justru mengubah tegangan listrik dari AC menjadi DC. Tidak hanya sampai disitu, inverter juga mampu mengembalikan arus menjadi AC lagi.

Inverter juga diklasifikasikan menjadi beberapa, mulai dari satu fasa, tiga fasa hingga dengan multifasa. Alat ini juga banyak digunakan dibidang industri dan memiliki beberapa jenis seperti inverter Square Wave, Interver Pure Sine Wave, Interver Modified Sine Wave, Interver Multilevel juga Interver Stand-alone.

Panel dan Pompa Grundfos


Untuk jasa pembuatan alat kelistrikan seperti inverter, panel listrik, instalasi panel, wiring, maintenance hingga perawatan, juga servo drive bisa mendapatkan jasa pelayanan dari CV. DAYA MITRA TEKHNIK. Untuk Informasi lainnya bisa didapatkan di www.teknik-listrik.com.  Khusus untuk wilayah Karawang, Cikarang dan sekitarnya bisa mendapatkan layanan dari teknisi listrik yang bisa dipanggil. Dapatkan layanan terbaik dengan bantuan para ahli profesional yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Water Level Controller 


Memiliki penampungan air bukanlah hal asing. Rumah, mesjid dan sejumlah bangunan lainnya biasanya sudah menyertakan pembuatan penampungan air. Tujuannya jelas untuk menampung, agar bisa memiliki cadangan air ketika debit air berkurang atau habis. Jenis penampungan juga ada beberapa bisa berupa ground tank atau penampungan di bawah, roof tank, tandon air dan masih banyak jenis lainnya.Karena Letak tersebutnya, maka sebaiknya setiap penampungan air memiliki alat seperti WLC untuk mengontrolnya.

Cara kerja WLC

Water Level Control atau biasa disingkat WLC, merupakan alat kelistrikan yang mengontrol kinerja pompa yang digunakan pada sebuah penampungan air untuk mengetahui jumlah level air. Dimana WLC akan memberikan perintah kepada pompa agar air yang terdapat pada roof tank bisa kembali terisi bila debit air sudah berada di level tertentu. Kemudian pompa akan berhenti secara otomatis bila air sudah penuh, tanpa harus takut air melebihi batas penampungan.

Fungsi lain dari WLC bahkan lebih luas lagi, karena alat ini juga bisa digunakan untuk mengontrol debit air, arus hingga ketinggian air di sungai, waduk atau danau di kawasan yang kerap terkena banjir.

WLC + Elctroda Omron


Itulah beberapa alat kelistrikan yang bisa dibuat dan dipesan melalui tangan-tangan para ahli dan profesional di bidang kelistrikan. Panel Booster Pump, Inverter dan Water level Controller hanyalah bagian kecilnya. Masih banyak alat lainnya yang bisa dipesan seperti instalasi listrik rumah, panel control dan lain sebagainya yang dibuat sesuai dengan pesanan dan bujet.